7 Kiat Sukses Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas secara Pribadi

bisnis jual beli mobil bekas

Melakukan bisnis jual beli mobil bekas memang sangat menggiurkan. Tingginya angka permintaan masyarakat terhadap mobil bekas membuat prospek bisnis ini cukup menjanjikan di masa depan.

Jenis mobil bekas sendiri sangat diminati oleh masyarakat. Tingginya harga jual mobil baru membuat banyak orang memilih untuk membeli mobil bekas yang masih layak pakai.

Meski sudah pernah dipakai atau seken, nyatanya harga mobil bekas juga tak semurah yang kita bayangkan. Beberapa mobil bekas bahkan dibanderol cukup tinggi, hampir menyerupai harga mobil baru.

Hal ini menunjukkan, tingginya minat masyarakat terhadap pasaran mobil bekas, hingga mobil yang notabenenya pernah dipakau oleh orang lain saja dijual dengan harga yang relatif tinggi.

Oleh sebab itulah, melakukan bisnis jual beli mobil bekas dianggap sangat menggiurkan untuk dilakukan. Namun, kita tidak bisa memulai bisnis ini secara sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar bisnis jual beli mobil bekas tersebut berjalan dengan lancar dan laku di pasaran. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Tak seperti menjual pakaian, dalam menjalankan bisnis jual beli mobil bekas tentu kamu membutuhkan sebuah tempat usaha atau showroom sebagai tempat memajang dan menjual mobil-mobil tersebut.

Enggak penting apakah kamu membeli tempat usaha tersebut secara pribadi atau sekedar menyewanya, yang harus diperhatikan adalah apakah tempat usaha yang kamu pilih memiliki lokasi strategis atau tidak.

Hal ini sangatlah penting, lokasi usaha yang strategis mampu meningkatkan peluang bisnismu laku di pasaran. Carilah tempat-tempat yang dekat pusat keramaian atau bahkan di dekat jalan raya.

  1. Ketahui Momentum yang Tepat saat Memulai Bisnis

Meski lokasi usaha yang kamu pilih sudah cukup strategis, namun roda bisnis akan tersendat jika kamu tidak mengetahui kapan momentum yang tepat untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas tersebut.

Momentum ini sangat penting, sebab mempengaruhi jumlah permintaan masyarakat terhadap mobil bekas, contohnya saja momen pada saat sebelum lebaran dan tahun baru.

Biasanya, orang suka melakukan upgrading mobil pada saat momen sebelum lebaran dan tahun baru. Dengan menggencarkan pemasaran di momen-momen itu, peluang terjualnya mobil akan semakin besar.

  1. Mulailah dengan Jual Mobil yang Diminati Banyak Orang

Ingat, pada saat memulai bisnis jual beli mobil bekas ada baiknya jika kamu menjual mobil-mobil yang banyak dicari oleh masyarakat terlebih dahulu, daripada menjual segala jenis mobil.

Pasalnya, di awal-awal membuka usaha kamu membutuhkan sejumlah dana untuk memutar kembali modal di awal. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan suntikan dana yang lebih cepat.

Beberapa mobil yang saya rekomendasikan untuk kamu jual di awal usaha adalah Xenia, Innova, Avanza, Honda Jazz, dan Honda CRV, sebab jenis-jenis mobil bekas inilah yang diminati oleh masyarakat.

  1. Lakukan Perbaikan Kecil pada Mobil

Tips memulai bisnis jual beli mobil bekas yang satu ini sering kali dilupakan oleh para penjual mobil. Padahal, melakukan perbaikan kecil pada mobil yang dijual tidak mengurangi omzet yang kamu dapatkan.

Sebaliknya, dengan memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil pada mobil tersebut, kamu jadi bisa menjual mobil bekas tadi dengan harga yang lebih tinggi  karena kondisinya sudah lebih baik.

Lagipula, secara logika para pembeli pasti lebih tertarik dengan mobil yang memiliki tampilan dan performa mesin yang masih prima, bukan? Oleh sebab itu, cara yang satu ini penting untuk dilakukan.

  1. Ikuti Perkembangan Harga Pasaran Mobil Bekas

Perkembangan pasaran mobil bekas sendiri cukup cepat, oleh sebab itu penting bagi para pebisnis jual beli mobil bekas untuk mengikuti perkembangan harga pasaran mobil tersebut setiap harinya.

Sebab, harga pasaran tersebut menjadi patokan dalam menjual mobil-mobil bekas yang kamu miliki. Percayalah bahwa sebelum seseorang membeli mobil, ia pasti melakukan survei harga terlebih dahulu.

Sehingga, apabila kamu menjual mobil bekas jauh lebih tinggi di atas harga pasaran, maka besar kemungkinan showroom mobilmu tidak akan dilirik oleh orang-orang.

  1. Hanya Jual Mobil dengan Surat yang Lengkap

Kepercataan konsumen adalah kunci sukses menjalankan bisnis jual beli mobil bekas. Maka dari itu, jangan pernah jual mobil yang tidak dilengkapi dengan surat-surat yang lengkap.

Periksa apakah setiap mobil bekas yang kamu miliki dilengkapi surat-surat, seperti STNK dan BPKP yang dapat menunjukkan status legal dan kepemilikan sah terhadap mobil tersebut.

Dengan hanya menjual mobil yang lengkap surat-suratnya, pembeli juga akan merasa aman dan nyaman ketika membeli mobil bekas di tempatmu.

  1. Bangun Koneksi Bisnis Seluas-luasnya

Sama halnya dengan bisnis lainnya, memulai usaha jual beli mobil bekas juga harus memiliki modal koneksi yang cukup luas. Hal ini dimaksudkan, agar kamu dapat dengan mudah menjual mobil tersebut.

Dengan koneksi yang cukup banyak, melakukan promosi usaha menjadi lebih gampang. Selain itu, koneksi ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari mobil-mobil bekas yang potensial untuk dijual kembali.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis jual beli mobil bekas. Jika kamu ingin menjual mobil bekas, kamu bisa melakukannya langsung ke dealer atau lewat situs jual beli mobil.

Terdapat sebuah situs jual beli mobil yang kredibel dalam menjual mobil bekas dalam waktu singkat. Mau tahu bagaimana caranya? Baca ulasan ini sampai selesai ya.

 

Cara Jual Mobil Bekas secara Cepat, Aman, dan Harga Tinggi

Jual beli mobil bekas

 

Tak bisa dipungkiri, salah satu kendala orang dalam jual mobil bekas lewat dealer adalah keuntungan yang didapatkan jauh lebih rendah daripada harga pasaran yang ada.

Maka dari itu, apabila kamu ingin menjual mobil bekas dengan cepat dan harga tinggi, cobalah untuk menggunakan situs jual beli mobil, seperti BeliMobilGue.co.id.

Sekilas tentang situs yang satu ini, BeliMobilGue.co.id adalah laman C2B yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menjual mobil bekasnya dalam waktu hanya 1 jam saja.

Selain proses menjualnya yang cepat, harga jual mobil bekas di BeliMobilGue.co.id juga sangat adil karena ditetapkan berdasarkan hasil inspeksi oleh inspektor yang berpengalaman.

Cara kerja situs ini mudah kok, pertama-tama kamu hanya perlu masuk ke situs BeliMobilGue.co.id dan menginput data informasi mobil yang akan dijual.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan kisaran harga jual mobil tersebut. Lalu, buatlah jadwal inspeksi di cabang BeliMobilGue.co.id yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Inspeksi sendiri dilakukan dalam waktu 30 menit, setelah itu kamu akan mendapatkan harga jual final terhadap mobil tersebut.

Apabila kamu setuju dengan harga yang ditawarkan, mobilmu akan segera ditawarkan kepada 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id lewat proses lelang.

Waktu pelelangan hanya memakan waktu selama 30 menit, sampai akhirnya kita mendapatkan pembeli dengan harga tawar tertinggi atas mobil bekas tersebut.

Setelah deal dengan harga yang ditawarkan, uang akan ditransfer ke nomor rekening pribadimu. Sedang, serah terima dokumen akan dilakukan jika kamu telah mengkonfirmasi pembayaran tersebut.

Bagaimana, sangat aman bukan melakukan jual beli mobil bekas melalui BeliMobilGue.co.id. Apakah kamu berminat untuk mencobanya?

(Photos: Freepik)