REO : Teknik Membuat Page One Google Dengan Mudah Tanpa SEO !

Belakangan ini sebagian blogger Indonesia dibuat geger dengan REO. Istilah REO pertama kali muncul di salah satu grup Blogger Indonesia di Facebook. Melalui sebuah postingan, salah seorang anggota grup mengklain telah berhasil menemukan Teknik REO.

Lalu apa yang membuat teknik reo ini menjadi booming ? Konon katanya teknik reo ini ampuh dan bisa dengan gampang menempati halaman satu google dalam hitungan jam tanpa melakukan optimasi SEO.  Benarkah ?

Apa itu Reo

Teknik reo juga diklaim jauh lebih cepat dan efisien untuk menaklukan mesin pencari google jika dibandingkan dengan menggunakan SEO. Bahkan tanpa memerlukan metode Link Building (membangun backlink) sama sekali. Amazing banget kan sob ! Padahal ada juga teknik link building dengan menggunakan backlink gratis.

Sontak saja hal ini kemudian menjadi heboh dan hangat diperbincangankan oleh teman-teman blogger. Teknik reo seakan menjadi terobosan baru dalam dunia blogger yang cukup menyita perhatian. Meski sejatinya apapun materi yang berhubungan dengan “cara menjadi nomer satu di google” pasti akan selalu menjadi pembahasan yang menarik.

Sebagai seorang yang tidak bosan mempelajari SEO saya pun tertarik untuk mencari tahu tentang REO. Rasa penasaran itu kemudian saya gunakan untuk menjelajahi semua tentang teknik Reo. Google pun menjadi rujukan pertama yang saya gunakan untuk mencari informasi tentang si Reo.

Hasilnya pun cukup mengagetkan sob ! Ada banyak hal yang perlu di ungkap lebih jelas tentang teknik REO. Benarkah REO adalah teknik optimasi yang mampu mengalahkan SEO ?

Apa Itu REO ?

REO adalah sebuah singkatan dari Recomendation Engine Optimization. Reo merupakan sebuah teknik rahasia yang digunakan sebagai metode untuk membuat website atau blog menempati halaman 1 google dalam waktu yang cepat.

Konon menurut informasi yang beredar waktu yang dibutuhkan untuk menempati halaman 1 google hanya butuh 1 atau 2 hari saja. Berbeda dengan optimasi website dengan menggunakan teknik SEO yang membutuhkan proses panjang dan idealnya dalam kurun waktu 3 bulan.

Melihat ampuhnya REO saya semakin bergairah untuk mencari informasi lebih jauh. Mumpung masih anget sob sebelum tertinggal jauh !

Siapa Penemu REO ?

Menurut informasi yang beredar, istilah REO pertama kali dicetuskan oleh Ryan Ariana. Salah seorang anggota grup facebook yang bertajuk Blogger Indonesia. Ia diketahui adalah orang yang pertama kali memperkenalkan REO melalui sebuah percakapan media.

Untuk mengobati rasa penasaran siapa itu Ryan Ariana saya mencoba menelusuri profil Fb nya. Hanya sekilas dan tidak terlalu banyak informasi yang saya dapat. Apakah ia seorang pakar seo ? Ia menyebut dirinya sebagai seorang Freelance Programer.

Saya tadinya berharap menemukan nama Ryan Ariana masuk dalam jajaran pakar seo ternama di Indonesia layaknya Syamsul Alam, Fatih Syuhud, Email Clinton, Rohardi, Anne Ahira dan lainya yang bisa menjadi rujukan dalam belajar seo.

Namun saya tetap berfikir positif, perkembangan teknologi internet masa kini bisa saja menjadi terobosan baru kepada siapa saja dalam melahirkan inovasi terbaru dalam segala bidang. Toh ada kalanya kita perlu melihat sesuatu dari isi yang disampaikan bukan dari siapa yang menyampaikan. Cakeeep !

Bagaimana Teknik REO ?

Menurut informasi yang beredar di jagad maya bahwa Teknik REO dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Tool ini yang nantinya akan melakukan optimasi untuk membuat blog atau website bisa berada dihalaman 1 google dengan cepat sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Wah hebat, berarti REO bisa mengalahkan tools seo lain semacam GSA Search dalam hati saya. Bahkan akan lebih efektif dan efisien karena kita tidak perlu lagi repot menerapkan struktur Seo On Page, Seo Off Page dan membangun backlink.

Secara garis besar teknik Reo dilakukan dengan menggunakan tool sebagai alat untuk meraih page one. Saya belum mendapati bagaimana sistem kerja dari tool reo ini secara pasti karena memang masih menjadi misteri. Namun secara umum tahapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Cara Membuat Website
  2. Mengikuti Kursus REO 
  3. Materi REO
  4. Praktik teknik REO
  5. Submit menggunakan Tool REO
  6. Page One Google !

Ternyata teknik REO ini memang belum banyak yang mengetahui dan hanya diperuntukan pada member premium. Jelas donk ini kan teknik baru jadi sobat perlu bayar kalau mau ikutan. Jaman sekarang mana ada yang gratis terlebih untuk sebuah teknik ampuh !

REO Vs SEO

Teknik Reo

Apapun yang sedang hangat diperbincangkan saat ini semoga memang benar dan menjadi inovasi terbaru untuk dunia blogger Indonesia. Namun kita tentu perlu realistis dalam menyikapi sebuah wacana. Ada hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk melakukan analisa awal.

Secara pribadi saya menilai REO sebagai sebuah wacana rekayasa semata. Belum adanya bukti kongkrit berupa data, testimoni pengguna dan metode kerjanya menjadi perihal yang pada akhirnya REO ini tidak benar-benar nyata.

Mari kita lihat REO lebih dalam melalui beberapa analisa yang saya buat dengan logika sederhana.

# Reo Itu Wacana

Saya berasumsi bahwa REO itu sebuah wacana atau lebih tepatnya rekayasa. Tidak ada bukti berupa data yang bisa menjelaskan tentang keberhasilan REO. Semua orang bisa membuat statemen mampu membuat page one dalam hitungan detik tapi tanpa adany bukti itu semua tiada arti.

Berbeda dengan SEO yang benar-benar nyata dan sudah terbukti keampuhannya sejak dahulu. Jelas dalam teknik optimasinya dan sudah memberikan banyak bukti berupa data yang bisa dipertanggung jawabkan. Dan bukankah google sendiri merekomendasikan SEO ?

# Penemu REO Bukan Pakar SEO

Lazimnya sebuah penemuan dan inovasi lahir dari orang-orang yang memang berkecimpung dalam bidangnya. Hal ini tentu akan lebih logis dan dapat diterima. Terkait tentang keberhasilan sebuah inovasi tentu akan dapat dibuktikan seiring waktu berjalan.

Pencetus REO bukan berasal dari orang-orang yang kompeten dalam dunia SEO. Jika para ahli seo saja tidak pernah mencetuskan sesuatu yang baru dan luar biasa, lantas bagaimana dengan orang lain. Namun seperti yang saya sampaikan diatas, internet “bisa saja” membuat orang biasa menjadi luar biasa.

# REO Tidak Butuh Backlink 

Poin ini menjadi hal yang paling saya kritisi dalam kemunculan REO. Bagaimana mungkin backlink yang menjadi nyawa dalam SEO untuk mendongkrak popularitas website di mesin pencari tidak diperlukan. Apa yang bisa dilakukan tanpa peran backlink.

Kalaupun memang REO diklaim bisa page one tanpa backlink, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah mampu bertahan di google berapa lama ? Bahkan tidak memungkinkan untuk digunakan pada kontes seo terbaru 2019.

Saya jadi teringat tentang Rahasia Optimasi Seo Halaman 1 Google Tanpa Menggunakan Backlink  jangan-jangan ini adalah situasi yang sama.

# Page One Google Itu Tidak Mudah 

Yes ! menguasai mesin pencari google itu tidak mudah sob apalagi instant. Butuh proses, waktu, biaya dan usaha untuk berhasil dengan baik. Dari dulu sampai sekarang prosesnya akan tetap sama hanya saja ada yang bisa lebih “cepat” dari waktu normalnya. Namun ada banyak faktor didalmnya.

Ketika kemudian muncul REO yang konon mampu membuat website langsung berada di page one dalam waktu yang singkat, itu rasanya mustahil. Bahkan para ahli SEO tidak ada yang berani memberi jaminan teknik seo nya mampu menjadkan website nangkring di halaman 1 google dalam waktu yang cepat apalagi dengan REO.

Google sendiri pernah membuat algoritma hummingbird yang mampu membuat artikel baru terindeks dengan cepat dan nangkring di google dalam hitungan beberapa menit. Namun dilakukan update kembali karena pada akhirnya google lebih mengedepankan kualitas.

# Google Lebih Pintar

Google adalah raksasa internet paling pintar di dunia maya. Dibangun dan dikelola oleh orang-orang pintar yang berkompeten dalam bidangnya sehingga mampu memahami dan mengerti apa yang diinginkan dan dilakukan oleh manusia.

Semakin hari google semakin berkembang mengikuti perubahan jaman. Perfect untuk sebuah mesin pencari yang handal namun kritis. Lihat saja entah sudah berapa banyak update algoritma yang dilakukannya. Entah berapa banyak teknik SEO yang dibuatnya. Ia selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik sesuai dengan keinginan manusia.

Google sendiri telah memberikan serangkaian cara yang di anggap paling tepat untuk dilakukan agar bisa bersanding mesra.  Kita hanya harus berjalan mengikuti aturan yang sudah ada dan sabar dalam menjalani prosesnya. Jangan lupa untuk berdoa ya sob.

Kesimpulan :

REO (Recommended Search Engine) saat ini merupakan sebuah wacana yang dibangun oleh Ryan Ariana untuk membuat tool yang bisa digunakan sebagai alat untuk membuat website berada dihalaman 1 google dengan mudah. Belum adanya bukti tentang keberhasilan teknik REO membuatnya menjadi semakin nyata bahwa REO hanya sebuah rekayasa.

Banyak poin yang tidak seiring dengan aturan yang di tetapkan oleh google agar meraih peringkat terbaik di hasil pencarian, terutama pada peran backlink gratis yang menjadi nyawa dalam optimasi SEO. Rasanya terlalu dini untuk menyandingkan REO Vs SEO.

SEO tetap menjadi teknik yang paling di rekomendasikan untuk bisa menguasai mesin pencari. Google telah membuat caranya dan kita tinggal mengikuti sesuai aturan. Tidak ada yang instant, semua butuh proses, waktu dan usaha agar kita bisa sukses.

Saya tetap berharap bahwa suatu hari Teknik REO ini benar-benar menjadi nyata bukan hanya rekayasa agar nantinya semua Blogger Indonesia bisa menjadi sukses untuk membuat websitenya menjadi nomer 1 di google dengan cara yang mudah.

Kehebohan REO membuktikan bahwa tidak banyak blogger Indonesia yang benar-benar berusaha mengerti, memahami dan mempelajari seo. Semua ingin serba instan dan cepat dalam waktu yang singkat !

Bagaimana menurut sobat ?

5/5 (2)

Berikan Nilai Untuk Artikel Ini

Leave a Reply