Cara Riset Keyword dengan Ubersuggest Step By Step [Lengkap] !

Hai sob, pingin belajar cara riset keyword dengan ubersuggest secara lengkap? Disini saya akan memberikan panduan riset keyword step by step agar mudah untuk difahami.

Pastikan sobat membaca artikel ini dari awal sampai akhir agar tidak ada point yang terlewatkan. Saya akan mencoba menguraikan langkahnya secara sederhana.

Sebenarnya tujuan riset keyword itu apa sih ? Seberapa penting riset keyword untuk blogger.

Saya yakin mungkin ada banyak pertanyaan seperti diatas. Secara singkat tujuan dari riset keyword adalah untuk menemukan kata kunci yang potensial dan terbaik. Yaitu kata kunci yang mempunyai volume pencarian atau banyak dicari oleh orang melalui google.

CARA RISET KEYWORD

Dengan melakukan riset keyword maka kita akan dapat menemukan keyword apa yang cocok untuk dijadikan artikel di blog secara berkesinambungan. Dengan memilih kata kunci yang tepat maka secara otomatis akan berpotensi mendatangkan visitor ke blog kita.

Beda hal nya ketika kita membuat artikel tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Kita tidak akan pernah tahu apakah artikel yang akan kita tulis banyak dicari atau tidak. Bahkan kemungkinan buruknya adalah artikel yang sudah kita buat tidak ada yang mencari sama sekali.

Inilah kesalahan yang sering terjadi pada teman teman blogger pemula. Enggan melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat artikel dengan alasan ribet dan membuang waktu. Ketika blog nya sepi pengunjung baru mereka sadar ada tahap yang terabaikan.

Nah, sobat tentu tidak mau kan punya blog yang sepi pengunjung?

Terkecuali jika memang tujuan nge-blog sobat hanya untuk sekedar menyalurkan hobi . Tidak mementingkan traffic dan mengarah ke finansial maka tahapan riset keyword dengan ubersuggest ini tidak perlu untuk dipelajari.

Sebenarnya ada cara yang lain ga sih untuk mencari keyword potensial selain riset keyword? Jawabannya adalah tentu saja ada. Penasaran ? sabar sob, saya akan membahasnya diakhir artikel biar tidak bingung.

Mengapa Menggunakan Ubbersuggest ?

Ubbersuggest adalah sebuah Tool Online gratis yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan riset keyword dalam rangka mencari dan menemukan kata kunci yang tepat. Selain sebagai tool riset keyword, ubersuggest juga bisa digunakan untuk mencari ide konten, ide keyword dan melihat backlink.

Untuk sebuah tool gratisan, ubersuggest dirasa cukup bagus dalam memberikan analisis data secara lengkap dan terinci. Mudah dalam penggunaan serta mudah pula dimengerti dalam menyajikan data. Lebih mudah jika dibandingkan dengan Google Keyword Planner, versi saya.

So, ubersuggest ini sangat direkomendasaikan sebagai tool untuk melakukan riset keyword bagi para pemula. Next time sobat bisa menjajal tool riset keyword premium semacam Ahrefs, Semrush, Moz dan lain – lain yang lebih powerfull.

Makasih ya om NEIL PATEL.

Cara Riset Keyword dengan Ubersuggest

Oke sob, sekarang kita akan masuk ke teknis bagaimana cara riset keyword yang benar di ubersuggest. Silahkan dibaca dengan teliti jangan sampai ada yang terlewatkan.

1. Kunjungi Situs Ubersuggest

Akses situs Neil Patel melalui link ini https://neilpatel.com/. Ganti negara sesuai dengan target pencarian keyword yang akan dicari. Saya menggunakan negara Indonesia.

cara riset keyword 2019

2. Tentukan Keyword

Pada kolom enter domain silahkan masukan keyword (kata kunci) yang ingin dibidik. Carilah keyword yang masih berhubungan dengan tema blog, jangan memilih keyword yang tidak ada kaitannya ya sob.

Contoh, blog saya ini bertemakan tentang tutorial blog, website dan seo, maka saya akan melakukan riset untuk keyword “Cara Membuat Website Gratis” kemudian klik > SEARCH

cara riset keyword blog

3. Analisa Data

Data hasil pencarian untuk keyword “cara membuat website gratis” adalah sebagai berikut :

cara riset keyword dengan benar

Search Volume : Rata rata 6.600 per bulan
Seo Dificulty : 22 Easy

Tingkat persaingan kata kunci masih pada level mudah artinya masih “berpeluang” untuk memenangkan persaingan di google. Tapi untuk blogger pemula saya menyarankan untuk mencari keyword dengan tingkat persaingan dibawah 1.000 per bulan.

Memang, logikanya semakin tinggi volume pencarian keyword maka semakin bagus dan banyak peluang untuk mendapat visitor, tapi tingkat persaingannya juga akan semakin sulit tentunya sob.

Dalam hal ini kita akan membutuhkan optimasi seo yang cukup intents, salah satunya dengan menggunakan Backlink (link building). Tapi akan sebanding dengan hasil yang didapatkan, makanya blogger senior berebut mencari keyword yang volume pencarianya tinggi (hight) meski persaingannya ketat.

Tapi mungkin akan lebih mudah jika sobat sudah menguasai misteri teknik REO yang konon katanya lebih dahsyat dari SEO dan sempat menggegerkan dunai per bloggeran beberapa waktu yang lalu.

Lalu bagaimana memilih keyword yang tepat untuk blogger pemula ?

Nah disinilah kemudian cara riset keyword yang benar semakin dibutuhkan sob. Melalui data ini setidaknya kita bisa menentukan pilihan dan mengukur kemampuan sendiri.

Apakah kita akan tetap memaksa menggunakan keyword yang di pilih diawal atau mencari keyword lain yang masih berhubungan. Caranya ? Silahkan lanjut pada point ke 4 dibawah ini.

4. Keyword Ideas (Ide Keyword)

Setiap kali kita melakukan riset keyword di ubersuggest, mereka sekaligus memberikan ide keyword yang masih berhubungan. Untuk melihat ide keyword yang didapatkan, sobat bisa mengaksesnya melalui menu Keyword Ideas.

cara riset keyword gratis

Saya mendapatkan 11 ide keyword dan 51 keyword yang masih relevan dengan keyword utama dengan volume pencarian dan tingkat persaingan yang lebih kecil.

Disini kita akan mempunyai banyak pilihan keyword yang dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat artikel. Rule nya adalah mulailah dengan membidik keyword yang memiliki tingkat persaingan rendah. Silahkan cek pada bagian “RELATED

cara riset keyword gratis di internet

Jangan khawatir ketika long tail keyword yang sobat garap sudah memiliki rangking di google maka peluang untuk merangking keyword utama akan lebih mudah ! Setidaknya begitu teorinya selama ini sob.

5. Eksekusi

Tahap selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah eksekusi keyword yang sudah dibidik menjadi sebuah artikel. Mulailah dengan membuat artikel yang baik dan benar dengan menggunakan kaidah seo friendly.

Bingung mau mulai darimana ? lihat gambar dibawah ini sob.

cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah

Pada kolom sebelah kanan, ubersuggest memberikan daftar blog atau website yang masuk dalam top 100 rangking google untuk masing masing keyword yang ditargetkan.

Ini artinya sobat memiliki 100 blog referensi yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat konten. Gampang kan ?

Silahkan explore blog yang menduduki peringkat halaman 1 google, lihat bagaimana teknik penyajian konten yang digunakan. Cari titik kelemahan, kemudian cobalah untuk membuat artikel yang lebih sempurna dari yang sudah ada. INGAT, JANGAN COPAS !!

Cara “Mengintip” Keyword Populer dengan Ubersuggest

Sesuai dengan janji saya diatas, pada tahap ini saya akan memberikan trik cara riset keyword blog dengan metode yang lain, dan teknik ini saya beri nama “Mengintip”. Biasanya kalo urusan intip mengintip pasti banyak yang suka, termasuk saya salah satunya 😀

Terus yang mau di intip bagian apanya ? Halah….jangan nge-res otaknya !! Fokus, fokus !! 😛

Teknik spy competitors atau mengintip ini sebenarnya bukan hal baru dalam dunia blogger sob. Teknik ini digunakan untuk menganalisa beragam data yang ada di blog kompetitor mulai dari teknik seo, keyword, backlink dan lain sebagainya.

Tujuanya adalah untuk dijadikan contoh, dipelajari dan diterapkan dengan harapan agar blog kita nantinya juga bisa memiliki rangking di google. Faham kan sob ?

Ada kalanya kita juga perlu melakukan kroscek terhadap kinerja dari blog sendiri. Tentunya tool semacam ini akan sangat berguna untuk menampilkan data statistik yang ada di blog kita.

Baik, kita langsung masuk ke tekniknya ya sob. Kalau cara riset keyword cara pertama seperti diatas menggunakan pola #ketik keyword > blog referensi. Nah kalo di teknik mengintip ini polanya dibalik #ketik blog referensi > keyword.

Bingung sob ? yuk langsung gasskeuun !

1. Akses ke ubersuggest

Akses situs ubersuggest melalui link ini https://neilpatel.com/. Ganti negara sesuai dengan target pencarian keyword yang akan dicari. Untuk yang kedua kalinya saya tetap menggunakan negara Indonesia, NKRI harga mati sob ! ^_^

2. Cari Blog Referensi

Nah disini poin pentingnya sob, kita harus punya blog referensi untuk dijadikan bahan penyelidikan. Pasti punya dong blog yang menjadi inspirasi, kalau saat ini belum punya saya kasih referensi paling mudah.

Kembali ke poin no 5 cara riset keyword dengan ubersuggest. Seperti yang sudah saya sampaikan “ubersuggest memberikan daftar blog atau website yang masuk dalam top 100 rangking google untuk masing masing keyword yang ditargetkan”. Jreng…!!!

Sudah faham maksud saya kan sob ?

Betul, ambil salah satu blog yang masuk dalam daftar hasil pencarian ubersuggest untuk dijadikan bahan. Sebagai contoh saya akan ambil blog www.domainesia.com karena blog ini mempunyai peringkat untuk keyword “cara membuat website gratis“. Izin ya min, makasih loh job nya kemarin 🙂

3. Spy Competitors “Mengintip”

Ayo mulai ngintip sob, hedeeh..!! Masukan link blog pada kolom enter domain > Klik Search.

Langsung cek ke menu “Top Page” dan kita akan langsung disuguhi dengan data tentang TOP TRAFFIC PAGES atau halaman yang memiliki traffic teratas di DomaiNesia lengkap dengan estimai traffic yang didapat secara organik melalui google. Jreng !

panduan riset keyword

Apakah sekarang sobat sudah mulai memiliki ide ide cemerlang ? Ting…ahaaa…!!!

4. Temukan Keyword Terbaik

Tugas selanjutnya adalah memilih keyword terbaik sesuai dengan kemampuan. Silahkan analisa kembali volume pencarian dan tingkat persaingannya. Coba saja klik menu “View All” untuk melihat data statistik mengenai keyword yang ingin di target.

cara riset keyword lengkap

Catatan : 
Usahakan cari blog referensi yang memiliki tema yang sama dengan blog sobat agar nantinya keyword yang didapat masih relevan dan bisa digunakan. Temukan lebih banyak blog referensi melalui google.

Sampai dengan tahap ini saya harap sobat sudah bisa melakukan riset keyword dengan ubersuggest. Caranya sudah saya sajikan step by step dengan jelas sesuai dengan kemampuan, tinggal bagaimana sobat untuk membiasakan.

Terakhir, cara untuk menemukan keyword potensial tanpa riset keyword adalah dengan mencari artikel terpopuler di blog orang lain, biasanya ada dibagian widget. Artikel terpopuler muncul secara otomatis berdasarkan banyaknya kunjungan.

Silahkan pilih cara mana yang dianggap paling mudah dan efektif untuk menemukan keyword yang terbaik sesuai dengan kemampuan.  Jika masih ada yang membingungkan, mari kita diskusikan melalui komentar.

Tips :
Silahkan daftar dan membuat akun gratis di ubersuggest untuk mendapatkan lebih banyak ide keyword pada saat riset.

KESIMPULAN :

Ubersuggest adalah sebuah tool online yang diprakarsai oleh Neil Patel yang merupakan salah satu pakar SEO ternama di dunia. Untuk sebuah tool gratisan, ubersuggest dirasa cukup untuk digunakan sebagai alat untuk melakukan riset keyword.

Ubersuggest mudah dalam penggunanya, efektif dalam penyajian datanya. Sangat direkomendasikan bagi para blogger pemula untuk mencari keyword keyword pilihan yang berpotensi mendatangkan traffic.

Riset keyword adalah tahapan penting yang harus dilakukan para blogger sebagai usaha untuk menentukan konten yang tepat secara berkesinambungan.

4.67/5 (3)

Berikan Nilai Untuk Artikel Ini

3 Comments

Leave a Reply