Memilih Nama Domain Yang Tepat Berdasar Brand vs Keyword

Memilih Nama Domain Yang Tepat Berdasar Brand vs Keyword

Ketika memulai suatu website, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah memilih nama domain yang tepat. Selama bertahun-tahun para prakstisi di bidang SEO berpendapat bahwa nama domain sangat berpengaruh dalam ranking suatu website di mesin pencari.

Memang, pemilihan nama domain yang tepat sangat berpengaruh untuk mengerek website anda dalam kompetisi SEO yang sangat ketat. Pada artikel ini, akan banyak dijabarkan mengapa memilih nama domain yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian dan apa saja dampak karenanya.

Apakah memilih nama domain yang tepat penting untuk SEO?

Bila ada pertanyaan demikian maka jawabannya adalah, ya! Sebagai pemilik website, Anda tentu ingin pengunjung penasaran dengan produk dan penasaran dengan isinya hanya dengan membaca namanya bukan?

Anda harus mengoptimalkan nama domain dengan pendekatan SEO untuk menarik orang-orang agar tertarik mengunjungi website anda dan mempelajri produk dan layanan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, nama domain lebih banyak akan muncul di laman pencarian semakin tinggi kemungkinan untuk di klik.

Salah satu contoh penting bagaimana domain sangat berpengaruh bisa  kita lihat pada website spammer. Mereka memilih nama domain dengan menargetkan kata kunci karena hasil yang sudah pasti: Jumlah klik yang meningkat dan ranking yang tinggi pada laman pencarian mesin pencari.

Jadi sudah dapat dipastikan bahwa nama domain memang sangat penting. Memilih nama domain yang tepat dapat membantu anda untuk mendapatkan pengunjung yang sudah anda targetkan.

Memilih nama domain yang tepat

Terdapat dua metode yang bisa anda coba dalam memilih nama domain yang tepat untuk SEO:

  • Memilih nama domain berdasarkan branding

Anda bisa memilih domain berdasarkan merek atau branding produk anda. Ini tenang bagaimana pengunjung mencari, mengingat, dan membagikan apa yang mmereka temukan di website anda.  Pada umumnya seseorag harus menentukan nam domain pada saat ia memilih nama merek atau brandnya.

Dengan kata lain anda harus menggunakan merek bisnis sebagai nama domain anda. Salah satu kunci utama nama domain yang SEO friendly adalah branding. Contohnya, apakah WordPress akan mendaftarkan domain dengan nama best-cms-intheworld.com? Tentunya tidak. WordPress adalah merek tersendiri sehingga tak perlu memakai nama domain berdasarkan keyword.

Mesin pencarian Google menyukai brand karena pengguna menyukai brand. Branding yang kuat akan mendorong pengguna untuk melakukan klik, membaca, menbagikan, dan menautkannya di website pribadi mereka. Semakin banyak orang yang mengingat website anda, mereka akan berkunjung kembali, dan pastinya akan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas pada situs anda.

Dan hasil akhirnya adalah, branding yang positif akan meningkatkan peringkat wbsite anda di mesin pencari. Yang harus diperhatikan bila memilih nama brand sebagai nama domain:

  • Nama brand anda sudah ada dan dikenal luas
  • Anda sudah mulai melakukan promosi dan membangun kesadaran merek
  • Brand anda memiliki nama sendiri
  • Brand anda sangat unik
  • Anda ingin situs web anda mendapat peringkat yang baik, untuk meningkatkan hasil pencarian pada brand anda

 

  • Memilih nama domain berdasarkan Kata Kunci

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah memilih nama domain berdasarkan keyword atau kata kunci. Nama domain ini memuat kata-kaa yang berkaitan dengan bisnis, produk, atau layanan milik anda. Contohnya, anda adalah seorang seorang fotorgrafer dengan spesialiasasi pernikahan.

Anda bisa menggunakan nama weddingportraitphotography.com Namun kembali pada poin pertama, Google lebih menyukai pemakaian nama brand sebagai nama domain. Diantara keduanya mana yang lebih baik? Sekarang mari membayangkan anda adalah seorang pengusaha rental motor di Jogja bernama Sukmono.

Anda ingin membangun sebuah website dan sedang memikirkan nama domain yang sekiranya cocok untuk menggaet pasar yang telah anda targetkan. Beberapa opsi yang bisa anda ambil adalah:

Memilih nama domain berdasarkan kata kunci

Domain Branding

Contohnya adalah sukmono.com Nama domain saja tidak akan memberikan detail yang spesifik yang tentang produk atau layanan yang anda jual. website ini bisa berbentuk apapun, sepeerti memberi anda papan tulis kossong yang siap anda tulis tentang apa saja.

Namun kelemahan dari penamaan seperti ini adalah besarnya effort yang harus anda lakukan selaku pemilik website untuk melakukan promosi dan membangun merek anda. Anda harus memiliki cara yang kreatif untuk menarik orang-orang agar merasa terhubung dengan merek anda.

Domain Berdasar Lokasi

Di sini kita coba memakai nama sukmonojogja.com. Pemakaian nama domain ini akan membantu anda untuk lebih mentargetkan calon pelanggan di sekitar wilayah Jogja. Nama domain ini akan membuat calon pelanggan mengetahui bahwa anda memiliki produk atau layanan berdasarkan dari nama domain, dan berada di wilayah tertentu.

Namun kelemahan dari pendekatan ini, akan membuat Anda kesulitan saat ingin mengembangkan merek karena terhalang lokasi geografis yang sudah tertarget sebelumnya, tak hanya dari sudut pandang merek maupun mesin pencari.

Domain Berdasar Nama Layanan

Di sini contohnya rentalmotorsukomono.com. Nama domain ini akan membantu Anda dalam memasarkan produk dan layanan Anda. Dengan highlight layanan atau produk, orang akan mencari tahu tentang apasitus anda, dan apa yang mereka harapkan produk anda.

Domain jenis ini juga menghilangkan batasan geografis dari domain lokal. Yang perlu anda lakukan adalah menentukan layanan isi dari konten website Anda.

Domain berdasarkan lokasi geografis dan nama produk atau layanan

Contohnya rentalmotorjogja.com. Kelebihan dari nama domain ini akan membuat mesin pencari lebih presisi dalam mendefinisikan isi konten dari website Anda. Nama domain ini sudah sangat populer sejak lama.

Anda mungkin perlu sedikit untuk mempersempit definisi atau lokasi bisnis Anda. Opsi lain yang bisa Anda petimbangkan adalah memghindari penggunaan dari ekstensi domain yang kurang terkenal.

Bagaimana Dengan Ekstensi Domain?

Ekstensi domain tidak banyak berpengaruh pada peringkat pencarian Anda. Satu-satunya pengecualian adalah domain berekstensi kode negara. Ekstensi domain ini akan secara signifikan mempengaruhi hasil pencarian berdasar kondisi geografis.

Misalkan anda memiliki domain .id dan pengguna mencari webite anda dari salah satu kota di Indonesia, maka website anda akan mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian.

Memilih Ekstensi Domain

Sementara itu, bagi para pengguna, ada beberapa domain yang secara psikologis sangat bepengaruh pada pengguna. Pengguna internet sangat familiar dengan nama domain .com, .net, dan org.

Domain berekstensi ini memiliki tingkat kredibilitas tinggi daripada ekstensi lainnya karena sering digunakan oleh para spammer. Dengan kata lain, memilih domain yang salah dapat megaitkan website Anda pada website berperingkat rendah, dan ini sangat tidak baik untuk peringkat SEO website Anda.

Pertimbangkan Opsi Lainnya

Seperti yang telah disebutkan di awal, Google sangat berorientasi pada pengalaman pengunjung. Jadi ketika memutuskan memilih nama domain, pilihlah nama domain yang berorientasi pada pengguna. Nama domain yang dapat Anda pilih adalah:

  • Jangan terlihat seperti website spam
  • Mudah dibaca dan diingat
  • Harus relevan
  • Harus membantu merek Anda untuk memberi tahu pelanggan tentang apa bisnis Anda.

Pemilihan nama domain sangat krusial untuk sebuah bisnis. Salah memilih nama domain akan berengaruh pada peringkat website bisnis Anda di mesin pencari.

Ada banyak layanan webhosting yang akan membantu Anda menemukan paket hosting terbaik namun tetap murah. Tunggu apalagi, pilih nama domain Anda pada layanan webhosting yang tepat!

5/5 (2)

Berikan Nilai Untuk Artikel Ini

Leave a Reply