UPK 75 Tahun RI : Jadikan THR Lebaran Semakin Mengesankan

UPK 75 Tahun RI

Sudah menyiapkan THR apa untuk lebaran tahun ini ?

UPK 75 Tahun RI mungkin bisa jadi alternatif pilihan untuk menjadikan THR lebaran lebih berkesan.

Tak terasa Ramadhan sudah berada dipertengahan bulan, seolah ia begitu cepat berjalan melewati waktu.

Sebentar lagi saatnya menuju kemenangan, hari nan fitri penuh keceriaan.

Meski dalam suasana berbeda, kita tetap bisa melakukan silaturahmi, bercengkrama dengan keluarga dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Lebaran di Indonesia identik dengan THR, saat ketika orang-orang akan saling berbagi kebahagian kepada sanak keluarga dan orang-orang tercinta.

Mereka menyiapkan bingkisan hadiah yang berupa barang, makanan atau lebih umumnya dalam bentuk uang.

Tanpa disadari, ini kemudian menjadi tradisi yang seakan tidak bisa dihindari.

Memberi THR lebaran berupa uang itu sudah biasa, tapi sekarang kita bisa membuatnya menjadi luar biasa dan tentunya lebih berkesan dengan UPK 75 Tahun RI.

 

Apa itu UPK 75 Tahun RI ?

Apa itu UPK 75 Tahun RI

UPK 75 adalah singkatan dari Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) bertepatan dengan HUT RI ke 75 pada Agustus 2020 yang lalu.

Sesuai dengan namanya UPK 75 ini berbentuk uang kertas pecahan Rp 75.000 yang memiliki desain khusus bertemakan mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

Sebagai informasi, Bank Indonesia tercatat mengeluarkan URK (uang Rupiah Khusus) sebanyak 10 kali untuk peristiwa bersejarah, 3 di antaranya untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI (Peringatan 25 tahun, 45 tahun, dan 50 tahun HUT Kemerdekaan RI).

Dengan terbitnya UPK 75 Tahun 2020 sekaligus menjadi URK ke 11 untuk peristiwa bersejarah.

Apakah UPK 75 bisa digunakan untuk transaksi ?

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No. 22/11/PBI/2020 tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus.

UPK 75 Tahun RI merupakan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI”

Jadi selain bisa dijadikan sebagai koleksi, UPK 75 juga bisa digunakan untuk alat pembayaran yang sah sebagaimana fungsi uang pada umumnya.

 

Latar Belakang UPK 75 Tahun RI

  • Wujud syukur atas anugerah Kemerdekaan dan pencapaian hasil
    pembangunan Indonesia selama 75 Tahun sekaligus simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju.
  • Memperkokoh kedaulatan negara melalui Rupiah sebagai alat
    pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Bentuk berbagi kebahagiaan kepada Rakyat Indonesia dengan
    memiliki Uang Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI sebagaimana setiap kelipatan 25 tahun peringatan HUT kemerdekaan RI.

 

5 Hal yang Bisa Dilakukan dengan UPK 75

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Dengan UPK 75

Umumnya barang yang memiliki nilai “istimewa” akan lebih diperlakukan secara khusus dan digunakan pada momen spesial agar semakin berkesan.

Setidaknya ada 5 hal yang bisa dilakukan dengan UPK 75 tahun RI, di antaranya sebagai berikut.

1. Alat Pembayaran

Fungsi utama dari UPK 75 ini tentu saja adalah sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI dan dapat digunakan untuk berbelanja memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

2. THR Lebaran

Jadikan hari raya Idul Fitri tahun 2021 ini menjadi semakin berkesan dengan memberikan THR Lebaran berupa UPK 75 Tahun RI kepada keluarga dan sanak saudara.

3. Mahar Pernikahan

Momen sakral dan istimewa ini kerap kali identik dengan hal-hal yang spesial, UPK 75 bisa dijadikan pilihan sebagai mahar pernikahan.

4. Media Pembelajaran

Sebagaimana yang diketahui bahwa UPK 75 RI ini adalah mata uang edisi terbatas yang didisain secara khusus.

Di dalamnya terdapat banyak sekali pembelajaran tentang sejarah, kebudayaan dan kebinekaan.

Kita bisa menjadikan UPK 75 sebagai media untuk mengenalkan kebudayaan sehingga membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

5. Koleksi

Terakhir, pastinya UPK 75 Tahun RI ini cocok untuk dijadikan sebagai barang koleksi untuk disimpan sehingga bisa menjadi pembelajaran sejarah untuk generasi yang akan datang.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan UPK 75

Bagaimana Cara Mendapatkan UPK 75

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Bank Indonesia menerapkan mekanisme, syarat dan ketentuan penukaran UPK 75 baik secara individu maupun kolektif.

Pada awal penerbitan UPK 75 RI, jumlah penukaran berlaku 1 KTP untuk 1 lembar mata uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI.

Meski terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia, sayangnya hanya orang-orang yang beruntung yang bisa mendapatkan dan megoleksi uang peringatan kemerdekaan RI.

Kabar baiknya, di tahun 2021 Bank Indonesia melakukan penyempurnaan mekanisme penukaran UPK 75 Tahun RI sehingga memberikan kesempatan yang lebih luas kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menukarkan dan memiliki UPK 75 Tahun RI lebih banyak.

Mulai tanggal 22 Maret 2021, 1 KTP bisa digunakan untuk penukaran hingga 100 lembar per hari.

Tentunya ini adalah sebuah momen yang baik dimana akan ada lebih banyak masyarakat Indonesia yang bisa ikut merasakan kebanggaan bisa menukar dan memiliki UPK 75 RI.

 

Mekanisme Penukaran UPK 75 Individu

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP.
  2. Melakukan pemesanan penukaran melalui website PINTAR di https://pintar.bi.go.id untuk memperoleh bukti pemesanan penukaran atau datang langsung ke kantor Bank Indonesia.
  3. Membawa dokumen penukaran berupa KTP asli, bukti pemesanan penukaran  individu (apabila memesan melalui PINTAR), serta uang tunai senilai dengan nominal UPK 75 Tahun RI yang akan ditukarkan.
  4. Penukaran UPK 75 Tahun RI sebanyak 100 lembar per KTP setiap harinya dan dapat kembali melakukan pemesanan pada hari berikutnya.

 

Mekanisme Penukaran UPK 75 Kolektif

  1. Minial 17 (tujuh belas) orang Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP melakukan pemesanan penukaran kolektif yang dikoordinir oleh perwakilan.
  2. Perwakilan penukar melakukan permohonan penukaran kolektif dengan menyampaikan formulir permohonan penukaran dan daftar pemesan kepada Bank Indonesia melalui email unutk memperoleh bukti pemesanan.
  3. Pada saat melakukan penukaran, perwakilan penukaran kolektif WAJIB membawa,
    – Formulir permohonan
    – KTP perwakilan penukaran kolektif
    – Fotokopi KTP sesuai dengan nama yang terdaftar
    – Bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau hardcopy.
  4. Siapkan uang tunai yang senilai dengan jumlah UPK 75 Tahun RI yang akan ditukarkan yaitu Rp. 75000.
  5. Bank, lembaga, instansi, korporasi, organisasi ataupun asosiasi tetap dapat melakukan penukaran UPK 75 Tahun Kemerdekaan RI secara kolektif untuk mewakili penukaran keluarga atau kolega.

Proses penukaran UPK 75 Tahun RI dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 sesuai peraturan pemerintah dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

 

Kapan batas akhir penukaran UPK 75 Tahun RI ?

Bank BI membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan UPK 75 Tahun RI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, uang kertas pecahan Rp 75 ribu dicetak sebanyak 75 juta lembar senilai Rp 5,62 triliun.

“Jumlah yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” terangnya [tribunews]

Mengutip informasi yang disampaikan melalui website PINTAR, waktu penukaran dapat di pilih sampai dengan tanggal 31 Mei 2021 sesuai dengan kapasitas penukaran UPK 75 tahun RI di lokasi yang dipilih.

Masih ada banyak waktu dan kesempatan untuk menukarkan UPK 75 tahun RI melalui Bank Indonesia yang ada diseluruh wilayah Indonesia.

Mari jadikan lebaran tahun 2021 menjadi momen untuk berbagi THR yang lebih berkesan.

 

Waspada, Kenali Ciri-Ciri Keaslian UPK 75 !

Ciri-Ciri UPK 75 Asli

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik sudah semestinya kita membekali diri dengan pengetahuan yang cukup untuk mengenal lebih dekat dengan keaslian mata uang yang beredar.

Dalam setiap kesempatan selalu ada “oknum” yang memanfaatkan keadaan untuk mencari keuntungan pribadi.

Dalam suasana euforia mendapatkan mata uang pecahan 75 ribu istimewa ini kita wajib waspada dengan peredaran uang palsu.

Hal wajib yang bisa dilakuakan adalah dengan mengenali ciri-ciri keaslian UPK 75 tahun RI.

Sebagaimana umumnya, metode untuk memastikan keaslian uang bisa dilakukan dengan cara 3D.

  1. Dilihat
  2. Diraba
  3. Diterawang
    – Menggunakan sinar ultaraviolet
    – Menggunakan kaca pembesar

Bank Indonesia sebagai lembaga yang bertanggung jawab mengawasi peredaran uang telah melakukan sosialisasi untuk memberi edukasi kepada masyarakat agar dapat membedakan uang yang asli dan palsu.

Secara detail metode mengenali ciri-ciri keaslian UPK 75 Tahun RI telah dituangkan dalam bentuk dokumen digital yang bisa di unduh melalui tautan dibawah ini.

  • Ciri-ciri 3D UPK 75 Tahun RI dalam format pdf download disini.

UPK 75 tahun RI merupakan simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju.

Mari kita menjadi masyarakat yang lebih berwawasan dengan cinta, bangga dan paham rupiah !

Leave A Reply

Your email address will not be published.